Sejarah

Gedung sate merupakan gedung peninggalan pada masa kolonial Belanda yang dibangun pada tanggal 27 Juli 1920, Gedung ini berfungsi sebagai pusat pemerintahan oleh kolonial Belanda.

Penyebutan Gedung Sate ini disebabkan karena  terdapat ornamen yang menyerupai betuk sate yang sedang ditusuk yang berada dipuncak bangunan gedung utama.

Padahal ornamen tersebut berbentuk 6 buah jambu air yang ditusuk dan melambangkan modal awal pembangunan pusat pemerintahan sebesar enam juta gulden atau setara dengan  Rp. 14,210,526,316.

 

Fungsi

Pada awalnya Gedung Sate dibangun sebagai kantor Departemen Lalu Lintas dan Pekerjaan Umum, pada 1982 Gedung Sate beralih fungsi menjadi pusat pemerintahan Jawa Barat. Semenjak itu pula Gedung Sate memiliki sebutan baru, yakni kantor gubernur.

Ruang kerja Gubernur dan wakilnya terletak di lantai dua. Ruangan ini dibangun pada tahun 1989 dan hingga kini lebih dikenal dengan sebutan Gedung Baru.

Arsitektur

Gedung ini memiliki keanekaragaman arsitektur, karena memiliki perpaduan gaya timur dan barat yang sangat harmonis.

Tidak sedikit arsitek dari berbagai macam negara kagum dengan karya seni di Gedung Sate ini. Dari mulai ukiran, bentuk bangunan semua berpadu menjadi karya yang estetik.

Disini kamu tidak hanya dapat melihat tempat kerja Gubernur, tetapi juga terdapat museum yang menyimpan sejarah seluruh sisi kota Bandung. Dan di museum ini disediakan theater room yang akan menampilkan film pendek yang bercerita tentang peristiwa yang terjadi di Gedung Sate.

Museum Gedung Sate

Tidak hanya meceritakan peristiwa yang terjadi pada jaman dahulu, tetapi juga di museum ini terdapat banyak sejarah tentang Bandung

Di museum ini terdapat banyak foto bangunan-bangunan tempo dulu yang sangat kental dengan budaya khas Belanda.

Cukup dengan membayar tiket Rp. 6.000,- /orang. kamu sudah bisa menambah wawasan secara lengkap tentang Bandung. Di museum ini juga kan dijelaskan bagaimana dan berasal dari mana

Berikut dokumentasi di Gedung Sate

 

Ini merupakan pemandangan taman depan Gedung Sate dilihat dari puncak gedung. Lebih tepat berada di lantai 5, dimana di lantai 5 ini terdapat

 

 

 

 

 

 

Kunjungi juga website kami:

http://sewabus.co.id/

http://mobilbox.id/

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share yaa. Tq.

Call Now

× Kontak WhatsApp
%d bloggers like this: