Mudik menjelang Hari Raya Idulfitri menjadi tradisi turun temurun di Indonesia. Tak peduli seberapa jauh jarak kampung halaman, momen mudik tetap dinantikan setiap tahunnya. Konon, kata mudik berasal dari bahasa Jawa “mulih” dan “dilik” yang artinya pulang sebentar. Tradisi mudik bahkan sudah berlangsung pada masa kejayaan Kerajaan Majapahit tahun 1293-1527 M. Masyarakat kala itu pulang ke kampung halaman untuk membersihkan makam para leluhur.

Istilah mudik sendiri baru populer digunakan pada tahun 1970-an, saat ibu kota Jakarta bertumbuh pesat. Sejak saat itu, mudik tak lagi hanya untuk membersihkan makam leluhur. Mudik lebih diartikan pada momen yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga di kampung halaman. Bagi yang tidak memiliki kampung halaman, mudik berarti waktu berlibur yang tepat bersama keluarga. Terlebih bagi Anda yang telah jenuh dengan hiruk pikuk perkotaan.

Ada beberapa tips untuk kamu yang mau merencanakan mudik lebaran, jangan sampai ada yang terlewat yaa..

1. Siapkan dirimu

Pastikan kamu menjaga kondisi badanmu, agar tetap fit saat berkumpul dengan sanak saudara. Jaga makanan yang kamu konsumsi selama bulan puasa.

2. Siapkan Kendaraanmu/Tiket Kepulanganmu

Jika kamu membawa kendaraan pribadi, pastikan kondisi kendaraanmu fit, dari segi mesin, rem dan surat2. Karena saat mendekati lebaran, jalanan akan macet dan tentunya memerlukan kondisi yang baik untuk melewatinya.

Untuk kamu yang mudik menggunakan transportasi umum, siapkan tiket kepulanganmu dari jauh jauh hari, karena pada saat Bulan Ramadhan, Tiket kereta, pesawat, kapal, bus dll akan cepat terjual. Maka dari itu kamu harus aktif dalam memantau tiket kepulanganmu, jangan sampai kehabisan.

Mau mudik tapi ga ada kendaraan pribadi atau gak kebagian tiket? tenang… Sewa mobil menjadi alternatif yang sangat memungkinkan. dengan menyewa mobil, kamu bisa berangkat dengan orang2 yang kamu kenal, mau ajak saudara? teman? hanya dengan 1 unit kamu bisa berangkat tanpa perlu pusing kehabisan tiket.

3. Pastikan Uangmu Cukup

ini merupakan hal yang sangat penting disamping kendaraan, jangan sampai ditengah perjalanan kamu kehabisan uang.. Gak akan sampe deh jadinya hehehe

4. Waktu Sibuk

Pada Bulan Puasa dan menjelang waktu mudik, jalanan akan terasa sangat penuh dan pasti akan menimbulkan macet. Untuk itu, kamu perlu mengetahui jam-jam sibuk. Biayanya orang-orang akan pergi mudik dengan kendaraa pribadi akan berangkat pagi pagi dimulai pukul 04.00

5. Istirahat

Untuk kamu yang membawa kendaraan pribadi, pastikan kamu bisa mengontrol kondisi badanmu. Jika sudah merasa kelelahan, jangan pernah memaksakan untuk terus melanjutkan perjalanan, karena tidak sedikit kecelakaan terjadi dikarenakan dalam kondisi kelelahan. keep safe guys!

Kunjungi juga website kami:

http://sewabus.co.id/

http://mobilbox.id/

 

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share yaa. Tq.

Call Now

× Kontak WhatsApp
%d bloggers like this: