Bulan Ramadhan adalah bulan yang identik dengan kegiatan berkumpul bersama keluarga. Bagi anggota keluarga yang berada di kota yang berbeda, istilah mudik mungkin sudah bukan merupakan hal yang asing didengar.

Salah satu hal yang sangat tidak disukai oleh pengedara adalah kemacetan.

Kemacetan adalah cerita lama yang masih terjadi hingga saat ini di Indonesia. Selain karena jumlah penduduk yang terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah kendaraan, akses jalan yang belum mendukung juga menjadi penyebab terjadinya macet yang menyebalkan.

Terlebih lagi saat musim mudik lebaran seperti sekarang ini, di mana semua orang sangat ingin untuk mudik ke kampung halaman atau pergi liburan ke tempat-tempat wisata

Seperti yang dibahas pada rencana mudik lebaran sebelumnya, untuk bisa melakukan mudik dengan aman dan menyenangkan maka macet adalah salah satu hal yang sangat wajib kita hindari.

Simak 5 tips menghindari kemacetan berikut ini agar kamu bisa menghindari macet yang menyebalkan saat mudik lebaran:

1. Pilih Waktu Berangkat Yang Tepat

Related imageMacet biasanya terjadi karena jumlah pemudik yang berangkat pada waktu bersamaan terlampau banyak. Hal ini menyebabkan ledakan jumlah pengguna jalan yang sangat besar sehingga terjadilah macet.

Oleh karena itu untuk menghindari mudik lebaran kamu menjadi tidak asik karena terjebak macet, kamu perlu mensiasati waktu keberangkatan mudik dengan cerdas. Jika kebanyakan orang mudik lebaran secara bersamaan pada saat hari libur dimulai, maka berangkatlah lebih awal.

Terutama jika kamu bukanlah seorang pekerja yang bekerja di instansi negara atau perusahaan yang biasanya memberikan hari libur serentak. Berangkat lebih awal adalah solusi paling jitu untuk menghindari macet.

2. Pantau Terus Informasi Seputar Arus Mudik

Image result for work imageSebelum melakukan perjalanan mudik kamu perlu untuk terus mengikuti update informasi seputar arus mudik.

Informasi ini bisa kamu peroleh baik melalui media televisi ataupun media online. Hal ini akan sangat berguna sebagai patokan untuk menentukan jalur mudik yang paling tepat agar terhindar dari kemacetan.

Untuk bisa mendapatkan informasi terbaru setiap saat, mungkin kamu bisa memfollow akun-akun media sosial resmi satuan lalu lintas setempat. Biasanya pada saat musim mudik lebaran seperti ini mereka akan selalu mengupdate informasi seputar aktivitas mudik yang terjadi.

Hal ini akan sangat bermanfaat untuk memberikan informasi yang real time guna menghindari kemacetan saat mudik.

3. Kuasai Jalur Mudik

Related image

Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai jalur mudik yang akan kamu gunakan. Sebelum memilih jalur yang akan dilalui kamu perlu untuk mengetahui kondisi jalan dan tingkat kerawanannya terhadap macet.

4. Persiapkan Jalur Alternatif

Related image

Selain menguasai jalur mudik yang akan kamu lalui, mempersiapkan jalur alternatif juga sangat penting.

Saat ini ada banyak teknologi navigasi yang memudahkan kita dalam melakukan perjalanan mudik. Kamu bisa memanfaatkan GMAPS untuk mencari jalur alternatif saat jalur utama ternyata sangat rawan terkena macet.

Selain bisa menghindari macet, mungkin hal ini akan memberikan pengalaman baru yang bisa membuat kamu lebih fresh.

5. Jangan Gunakan Kendaraan Pribadi

Penyebab utama terjadinya kemacetan saat mudik lebaran adalah banyaknya pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

Orang-orang lebih suka menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik daripada menggunakan angkutan umum. Inilah yang menjadi masalah.

Padahal jika masyarakat lebih banyak yang menggunakan angkutan umum seperti kereta api atau bus mungkin macet pada saat mudik lebaran bisa dihindari.

Selain itu menggunakan kendaraan umum juga lebih hemat dan tidak melelahkan jika dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Karena jika terkena macet, menyetir sendiri pasti sangat melelahkan.

Sumber

Kunjungi juga website kami:

http://sewabus.co.id/

http://mobilbox.id/

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share yaa. Tq.

Call Now

× Kontak WhatsApp
%d bloggers like this: