Wisata menarik di Yogjakarta gak ada habisnya untuk dikunjungi. Kamu bisa dengan mudah menemukan semua jenis tempat wisata di Yogya. Mau ke pantai? Kamu bisa kok menjelajahi selatan Yogya, di sana ada Pantai Parangtritis yang sangat terkenal.

Tapi, kalau bosan ke pantai, bisa wisata kulineran juga. Yogya terkenal dengan makanan khasnya, yaitu gudeg. Gudeg bisa kamu jumpai di setiap sudut Kota Pelajar ini. Ada juga sate klatak, yang kalau mau makan kudu ngantri dulu, karena memang biasanya ramai pengunjung.

Jika kamu jalan-jalan bersama anak atau saudara yang masih duduk di bangku sekolah, cocok banget untuk mengajak mereka berwisata edukasi. Untuk yang ingin melakukannya, ini beberapa tempat wisata edukasi di Yogya yang bisa kamu sambangi:

1. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta (www.indonesia-tourism.com)
Keraton Yogyakarta (www.indonesia-tourism.com)

Yogyakarta merupakan daerah istimewa yang diakui Pemerintah Indonesia. Mereka memiliki otonomi sendiri berupa kerajaan satu-satunya yang masih aktif di Indonesia.

Kepala pemerintahannya dipegang oleh Sultan Hamengkubuwono yang diturunkan secara turun-temurun ke keturunan laki-laki.

Nah, tempat wisata di Jogja ini cocok banget buat menambah pengetahuanmu tentang silsilah asala muasal Kesultanan Yogyakarta.

Di sini kamu bisa melihat benda-benda atau tempat tinggal sultan yang masih dipertahankan sejak zaman dahulu. Dijamin deh anak atau saudara kamu bakal senang kalau diajak ke sini.

Harga tiket masuknya juga murah kok, mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 10.000.

2. Taman Pintar

Taman Pintar (www.tamanpintar.co.id)
Taman Pintar (www.tamanpintar.co.id)

Dari namanya aja kamu sudah pasti tahu kalau tempat wisata di Jogja ini bisa bikin anak kamu nambah ilmu. Dilansir dari situs resmi Taman Pintar, kawasan ini diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2018.

Taman Pintar ini terdiri dari beberapa kawasan edukatif. Ada PAUD, playground, sarana bermain anak, dan toko buku. Jadi, anak kamu bisa mempelajari berbagai macam perkembangan teknologi dan sains dengan cara asyik. Letaknya juga gak terlalu jauh kok dari Kraton Yogyakarta, bersbelahan dengan Jalan Malioboro.

Harga tiket masuk kawasan edukatif ini juga masih ramah di kantong. Yaitu, Rp 12.000 untuk anak-anak, dan Rp 20.000 untuk orang dewasa.

3. Candi Prambanan

Candi Prambanan (www.indonesia-tourism.com)
Candi Prambanan (www.indonesia-tourism.com)

Ini baru candi yang ada di Jogja, kalau Borobudur adanya di Magelang. Candi Prambanan merupakan salah satu spot wisata andalan. Terletak gak jauh dari pusat Kota Yogyakarta, yaitu sekitar 15 kilometer.

Candi ini merupakan candi agama Hindu yang dibangun sekitar abad ke-9. Reliefnya berisi kisah cerita yang sangat terkenal, yaitu Ramayana. Candi ini juga sering disebut Candi Roro Jongrang.

Ya, kisah yang beredar adalah, candi ini berkaitan dengan cerita Roro Jongrang dan Bandung Bondowoso. Bandung Bondowoso yang saat itu terpikat dengan Roro Jongrang akhirnya menerima tantangan membangun seribu candi dalam satu malam.

Kamu juga bisa menikmati pertunjukan teater yang menampilkan cerita Ramayana setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu mulai pukul 19.30 WIB.

Kalau mau melihat pertunjukan ini, kamu harus membayar Rp 125.000 sampai Rp 400.000 tergantung kelas yang dipilih. Sementara itu, untuk tiket masuk candinya, kamu hanya cukup merogoh kocek Rp 40.000 per orang.

4. Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali (monjali-jogja.com)
Monumen Jogja Kembali (monjali-jogja.com)

Monumen Jogja Kembali sebagai penanda Yogyakarta pernah menjadi Ibu Kota Indonesia.

Pasca kemerdekaan tahun 1945, monumen ini juga dibangun sebagai bentuk penghormatan terhadap peristiwa penting ditariknya pasukan Belanda dari Ibu Kota Yogyakarta pada tahun 1949.

Terdiri dari bentuk bangunan yang unik, yaitu berbentuk kerucut seperti tumpeng. Monumen ini dihiasi dengan benda-benda bersejarah bekas peperangan melawan belanda. Ada juga diorama yang menggambarkan peristiwa bersejarah sepanjang 1946 sampai 1949 di Yogyakarta.

Di sini juga terdapat dinding yang bertuliskan nama 400 pahlawan Indonesia. Dijamin anak kamu jadi makin pintar deh kalau dibawa ke tempat wisata yang harga tiket masuknya hanya Rp 10.000 ini.

5. Gembira Loka

Gembira Loka (gembiralokazoo.com)
Gembira Loka (gembiralokazoo.com)

Kalau tempat wisata yang satu ini, anak kalian dijamin pasti senang. Gembira Loka merupakan kebun binatang andalan yang ada di Yogyakarta.

Dikutip dari laman resmi Gembira Loka Zoo, ide awal pembentukan kebun binatang ini dicetuskan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VIII pada tahun 1933. Saat itu, Sultan menginginkan tempat hiburan yang berisikan taman yang luas dengan beragam flora dan fauna.

Kebun Binatang Gembira Loka pun baru bisa direalisasikan pembangunannya pada pemerintahan Sri Sultan Hamenghu Buwono IX dengan bantuan arsitek dari Belanda.

Gembira Loka kini memiliki banyak koleksi jenis-jenis hewan yang bisa dinikmati keluarga dan anakmu. Tempat wisata edukatif di Yogyakarta ini dapat menambah wawasan tentang khasanah dunia fauna di Indonesia.

Nah, untuk harga tiket masuknya, gak mahal kok. Kamu cukup membayar Rp 25 ribu per orang.

Itu tadi tempat wisata di Jogja yang bisa menambah pengetahuan buat kamu dan anak kamu, atau saudara terdekat. Rencanakan jadwal liburan kamu dari sekarang ya

Artikel by : https://www.moneysmart.id/tempat-wisata-di-jogja-yang-edukatif/

Kunjungi juga website kami:

http://sewabus.co.id/

http://mobilbox.id/

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share yaa. Tq.

Call Now

× Kontak WhatsApp
%d bloggers like this: